0

Tingkatan Fobia Sekolah Yang Dialami Anak-anak

Apakah ananda pernah mengalami mogok sekolah? Ada suatu masalah yang membuat ananda bilang , "Hari ini aku nggak usah sekolah ya, Bunda. Kepalaku sakit banget". Atau mengeluh sakit perut dan sebagainya. Nah, waspada dengan gejala anak-anak yang malas ke sekolah. Kalo sudah merasa tertekan pergi ke sekolah, harap waspada . Bisa jadi dia sudah masuk ke Fobia Sekolah. Wah, fobia apa lagi tuh? 

Fobia sekolah, ada tingkatannya. Dari yang tahap awal sampai tahap paling berat. Berikut penjelasannya.
1. Fobia Sekolah Tahap Awal (Initial School Refused Behavior) . 
Anak akan menolak masuk sekolah dengan tiba-tiba. Ketakutan anak ke sekolah harus cepat ditangani. Jangan di anggap remeh, karena ketakutannya akan semakin bertambah. Ketakutan ini biasanya kurang dari satu minggu. 

2. Fobia Sekolah Tahap Tengah ( Substantial School Refused Behavior)
Ketakutan ini lebih dari satu minggu. Pada tahap ini orangtua perlu bekerja sama dengan guru kelas, konseor anak, dan guru BP di sekolah. Karena kalau tidak diselesaikan , akan membuat anak malas belajar dan kehilangan motivasi sekolah. Ini sangat berbahaya.

3. Fobia Sekolah Tahap Akut (Acute School Refused Behavior) 
Kalau sudah tahap akut, anak melakukan penolakan sekolah sekitar 2 minggu sampai setahun. Orangtua harus mengusahakan untuk konsultasi ke psikolog dan harus melakukan beberapa kali terapi. Karena sangat penting untuk mengembalikan motivasi anak untuk belajar lagi. 

4. Fobia Sekolah Tahap Paling Berat (Chronic School Refused Behavior)
Ini kasus Fobia yang paling berat. Anak menolak untuk berangkat sekolah lebih dari setahun. Mau berangkat sekolah, tapi kemudian sampai di sekolah minta pulang lagi. Atau sering ke sekolah dengan kondisi menangis, menempel terus dengan orangtuanya (pengasuhnya), bahkan sering menjerit di kelas, selalu agresif, bahkan sering menentang guru-gurunya.  



Nah, apa yang harus kita lakukan ketika menghadapi anak yang mogok sekolah? Tentu kita harus hati-hati dan bijak dalam menentukan langkah. kita harus tahu dulu apa saja penyebab anak-anak mogok tidak mau ke sekolah . 
      Diantara penyebab tersebut adalah :
- Psikolog dari University of Massachusette, Marie Hartwell Walker, mengatakan :bagi anak , rutinitas di sekolah setiap hari bisa menimbulkan kejenuhan dan stress. Bisa juga pelajaran yang tidak disukai semakin hari semakin sulit. Atau dia pernah mendapatkan pengalaman buruk tak bisa mengerjakan soal di depan kelas , sehingga merasa malu.
- Akibat Bullying . Hubungan dengan teman yang kurang baik, mengakibatkan anak merasa kurang percaya diri .
- Akibat kondisi di rumah yang kurang harmonis. Anak-anak yang sering mendengar pertengkaran orangtua, dia akan mengalami tekanan emosional dan ini membuat anak-anak tidak bisa konsentrasi di sekolah.    
 
Baiklah, kalau kita sudah tahu penyebabnya, kita harus bisa segera mencari jalan keluar atas masalah yang dihadapi anak. Supaya Fobia Sekolah-nya cepat diatasi dan segera menemukan semangat ke sekolah dan mencapai cita-cita !







0 komentar:

Posting Komentar