0

Siapkan Mental Dan Fisik Sebelum Kehamilan Datang

Setiap ibu, pasti menginginkan mempunyai anak yang cerdas. Lalu, apa yang harus kita lakukan kalau ingin mempunyai anak sehat dan cerdas?
- Harusnya menyiapkan segala sesuatu sebelum kehamilan datang. Mulai dari persiapan fisik dan psikis. Mental menjadi seorang ibu, harus benar-benar dipersiapkan dengan baik. Seorang calon ibu, harus membekali diri dengan pengetahuan umum seputar bagaimana menjadi istri yang baik . 
- Persiapan fisik, harus dilakukan dengan cara menjaga kondisi tubuh, tidak terlalu capai dan berusaha hidup sehat. Sangat penting mengatur pola makan. Karena fungsi otak yang di bawa anak sejak lahir, dipengaruhi asupan nutrisi orangtua. Ini menurut Dr. dr. Damayanti Rusli Syarif SpA(K) , dokter spesialis anak Cipto Mangunkusumo.
         Sumber energi utama otak adalah glukosa dan keton. Glukosa diperoleh dari metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan keton adalah hasil metabolisme lemak. Namun tetap semua yang dikonsumsi harus seimbang. Tidak boleh berlebihan. 



       Selama proses kehamilan, susunan saraf optimal bertumbuh dengan kecepatan 2,5 juta neuron per menit. jadi pada akhir pertumbuhannya dapat terbentuk sekitar 1 trilyun neuron. Fakta ini menjelaskan bahwa jika pada masa kehamilan si ibu tidak memperhatikan asupan gizi dan vitamin, jelas akan menghambat jumlah sel-sel janin. Ternyata, sebaliknya jumlah sel-sel neuron di otak, juga bisa berkurang secara permanen. Ini mengakibatkan gangguan pada proses awal pembentukan otak akibat kekurangan gizi . 
        Dari semua zat yang dibutuhkan, yang terpenting adalah energi dan protein . Pada usia batita (bawah tiga tahun), kekurangan energi bisa berakibat terjadinya gangguan proses differensiasi dan pembentukan hubungan antara neuron di otak. Jadi kemungkinan besar IQ anak lebih rendah dibanding mereka yang bergizi normal. Malah pada kasus yang berat, bisa menimbulkan retardasi mental yang tidak bisa diperbaiki lagi. 

Buat calon Ibu, mari segera mempersiapkan diri membentuk generasi yang sehat dan cerdas sejak dini.
(dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar