0

Supaya Si Kecil Patuh

      Punya anak yang patuh, pasti menyenangkan ya, Bunda- Ayah. Pekerjaan menjadi ringan dan tidak membuang energi sia-sia. Tapi yang namanya anak, ada saja kebandelannya. Tanpa disadari, kita akan berteriak dan bisa memicu emosi anak-anak yang tidak mau menuruti perintah orangtua. Bisa jadi kita akan bertanya, apakah memang anak mempunyai sifat bandel? Atau mungkin hanya karena cara mendidik anak yang kurang tepat? Bagaimana cara mengatasinya?
     Tahu nggak Bunda, Ayah, mendidik anak dengan membentak sebenarnya tidak efektif. Karena efek bentakan tersebut bisa membuat anak menjadi benci kepada orangtua bahkan semakin bandel. Lalu, bagaimana cara yang efektif untuk membuat anak lebih patuh dan mengerjakan tugas dan tanggungjawabnya?




1. Harus lebih sabar dengan memberikan penjelasan. Kita gunakan bahasa sederhana yang mudah dipahami anak.
2. Cobalah dorong supaya anak lebih terbuka dan mengungkapkan alasan mengapa tidak mau melakukan tugasnya dengan tepat waktu. Kita bisa memosisikan diri sebagai teman untuk anak.
3. Jangan sekali-kali menakut-nakuti atau mengancam supaya anak mau melakukan perintah. Karena ketika mengetahui bahwa orangtua berbohong, anak bisa kecewa . Si kecil bisa jadi tidak akan percaya lagi kepada kita. Menakuti anak akan mengakibatkan dia menjadi anak penakut dan cenderung pasif karena takut pada hal-hal tertentu .
4. Jika anak tidak ingin melakukan sesuatu, sebaiknya jangan dipaksakan. Biarkan anak-anak memilih hal yang disukainya. Terus menggali keinginan anak, biarkan dia belajar mengungkapkan pendapatnya.

     Cara mendidik kita, bisa menentukan gambaran sosoknya di masa yang akan datang. Jadi sangat penting mendidik anak dengan cara yang tepat.



0 komentar:

Posting Komentar