0

Daftar Pertanyaan Dari Si Cerdas Anda Beserta Jawaban dari Ahlinya

   Pasti senang sekali ya, kalau si kecil anda sudah ceriwis dan aktif bertanya soal apa saja. Itu tanda bahwa si kecil cerdas. Tapi,bagaimana kalau dia mulai menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang aneh? Misalnya apa itu pmerkosaan? Mengapa temannya yang laki-laki pipis berdiri? Lalu, bagaimana cara menjawabnya? Yang pasti, Bunda tidak perlu bingung. Bunda harus berusaha menjawabnya dengan bijak. Untuk menghindari si kecil mendapat informasi dari pihak lain yang belum tentu bertanggung jawab, pendidikan sex memang harus diberikan sejak dini.
   Berikut beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan si kecil, terkait dengan permasalahan seksual plus strategi menjawabnya menurut Ibu Kusandrini SPsi Mkes (Psikolog , Koordinator PAUD RSUD dr Soetomo Surabaya)

Q: Bunda, darimana datangnya adik?
A: Adik datangnya dari perut Bunda. Sama seperti kakak juga datang dari perut Bunda. Karena Bunda dan Ayah saling mencintai, Tuhan memberikan kamu dan adik.

Q: Lalu darimana keluarnya dari perut Bunda?
A:Itu juga sudah diatur sama Tuhan. Dibantu sama bidan dan Pak Dokter. Nanti kalau kamu sudah besar, akan Bunda jelaskan lagi. Sekarang , kamu masih belum mengerti.

Q: Bunda, mengapa punyaku dan adik berbeda?
A: Tuhan memang menciptakan manusia berbeda. Punya adik namanya penis , karena adik laki-laki seperti ayah. Kalau punya kakak namanya vagina, sama dengan Bunda, karena kakak dan Bunda perempuan. Penis dan vagina adalah alat kelamin . Fungsinya untuk pipis.

CATATAN: Jika anak masih balita, bunda hanya perlu menyebutkan nama asli alat kelamin. Tidak perlu disamarkan menjadi "burung" atau semacamnya. Fungsi sebagai alat reproduksi juga belum perlu dijelaskan detail.

Q: bunda, apa itu pemerkosaan? Tadi adik dengar di TV.
A: Wah, pemerkosaan itu sesuatu yang buruk Perbuatan itu tidak dibolehkan sama Tuhan dan juga Pak Polisi. Saat ini , Bunda belum bisa menerangkan artinya pada adik, karena adik belum mengerti. Nanti kalau adik sudah besar, Bunda akan jelaskan. Yang pasti itu perbuatan yang sangat buruk. Berdosa. Ngomong-ngomong, adik hari ini cantik sekali ya. Siapa yang membelikan bandonya ?

CATATAN: Segera alihkan pembiacaraan , sehingga anak lupa. Keterangan bahwa pemerkosaan adalah pemaksaan secara seksual , baru boleh dijelaskan setelah anak di atas umur 7 tahun.

Q: Bunda, mengapa sih bibir Bunda dan Ayah sering bersentuhan?
A: Itu namanya berciuman. Itu tandanya Bunda sayang banget sama ayah . Sama dengan Bunda sayang sama Adik, tapi ciumnya di pipi saja ya.

Q: Berarti kalau Adik sayang sama Mira (nama teman lawan jenisnya) , juga boleh mencium Mira?
A: boleh. Karena itu tanda sayang. Tapi kalau sama teman, lebih baik jabat tangan / bersalaman saja. Main bersama juga boleh.

Q: Bunda sama Ayah ngapain? Kok nggak pakai baju? (tanpa sengaja memergoki orangtua berhubungan).
A: Eh, Bunda sedang ganti baju. Tahu-tahu ayah masuk kamar. Pas mau ganti baju, Bunda jatuh. Terus ayah nolongin. Ayo, ayoo..adik keluar dulu. Bunda mau pakai baju dulu ya.

CATATAN:  Anak-anak di bawah usia 3 tahun, belum paham soal hubungan intim. Lebih baik perhatiannya langsung dialihkan ke hal yang lain. Antisipasi cerita jika pada waktu yang lain anak bertanya lagi.

Mari menjadi Bunda/ Ayah yang bijaksana. Yang bisa menjawab semua pertanyaan anak dengan baik. 



0 komentar:

Posting Komentar