0

Solusi Anak Jika Mulai Berbohong


Anak Mulai Berbohong,kadang membuat kita bingung mau melakukan tindakan yang tepat. Mau marah namaynya juga masih anak-anak,kalau dibiarkan ini kan kebiasaan buruk.
Yang paling penting bagi orang tua adalah untuk mengajar anak, bukan dengan menghukum dia ketika pertama melakukan.
Tapi dengan melalui pendekatan hati ke hati untuk mengetahui apa penyebabnya. mungkin saja sang anak belum mengetahui kalau yang dilakukannya itu suatu yang salah. Jika diharuskan untuk menggunakan hukuman, maka pastikan dilakukan secara mendidik. Tujuannya membantu anak Anda mengerti dan memikirkan konsekuensi dari tipuannya. misalnya bahwa Anda harus mengajarkan anak bagaimana ia harus meminta maaf kepada orang yang telah ia bohongi. Atau, juga akan sangat penting untuk mengajarkan anak-anak kata-kata yang tepat untuk mengakui kesalahannya.

Sangat penting untuk tidak mengabaikan fakta bahwa anak Anda telah berbohong. Anda tentu ingin anak anda menjadi yang terbaik, jadi jangan biarkan dia tumbuh dengan cara yang tidak baik. Anda perlu untuk menetapkan batas yang baik dan mendorong anak anda untuk mengikuti semua perilaku baik yang anda contohkan. Misalnya, jika anak anda tidak menyikat gigi  sebelum pergi ke tempat tidur anda perlu tahu mengapa dia tidak ingin lakukan dan mengapa ia melakukan kecurangan pada anda dengan mengatakan sudah melakukannya. Kemudian dengan mengetahui alasan sebenarnya, akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Juga sangat penting untuk tidak menekan kekurangan dari kepribadian anak anda, sebab malah akan membuatnya stres. Sebaliknya anda perlu untuk membuatnya merasa bahwa anda persis seperti dia, dia adalah anak anda bahkan dengan segala kekurangannya mungkin. Katakan bahwa anda juga pernah melakukan kesalahan dan sudah seharusnya kesalahan itu tidak dilakukan lagi untuk kedua kalinya. Penting bagi anda untuk mengatakan kepadanya bahwa dia bukan pembohong, dan hanya mungkin sekarang ia salah dan kemudian mencoba untuk tidak berbuat lebih banyak. Dan yang paling penting dia tidak akan memiliki alasan untuk melakukannya lagi kejahatan itu dimasa depan.

0 komentar:

Posting Komentar