0

TIPS MENYIKAPI ANAK YANG LULUS TK

   Banyak para orangtua yang sedikit bingung dengan kenyataan bahwa ananda sebentar lagi akan lulus TK, tapi masih usia 6 tahun. Bunda takut kemampuan ananda kurang ketika memasuki kelas 4 atau 5 SD. Takut tak naik kelas. Padahal peraturan pemerintah , anak masuk SD harus 7 tahun. Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan? Yang perlu kita ingat bahwa masuk SD adalah jenjang pendidikan dasar selama 6 tahun yang akan menentukan kematangan emosional dan sosial ananda. Ada beberapa alternatif yang bisa kita lakukan kalau ananda bersikeras masuk SD.

1. Membuat perjanjian dengan pihak sekolah di SD untuk diijinkan masuk sekolah SD selama 3 bulan. Guru akan menganalisa , apakah ananda layak masuk SD atau tidak.
2. Banyak orangtua yang bingung, anak masih 6 tahun, tapi tidak mau lagi mengulang di TK. Alternatif yang bisa dilakukan oleh orangtua adalah melakukan Home Schooling. Orangtua membuat jadwal bersama anak untuk menyusun semacam kurikulum sederhana dan kegiatan belajar , yang tujuannya adalah untuk mematangkan kesiapan belajarnya ketika masuk SD. Misalnya hari Senin belajar baca, selasa menulis dan berikutnya belajar berhitung. Besoknya lagi belajar mengaji. Dengan kegiatan yang terencana, anak akan tetap belajar dan akan siap masuk SD ketika usianya 7 tahun.
3. Mengulang lagi di TK selama setahun, takutnya memang anak menjadi bosan. Tapi kalau ananda memang mau, tidak ada masalah mengulang TK.

Bagaimana Bunda, ayah, apakah ananda sudah siap memasuki sekolah baru? Yang jelas, lebih baik mengulang di TK daripada harus mengulang/tinggal kelas saat di SD. Karena mentalnya akan down ketika dia sekali saja tidak naik kelas. Akan menjadi beban mental /tekanan tersendiri pada anak . Jadi, pilihkan jalan terbaik untuk anak, dengan mengajak dialog secara santai , jalan mana kira-kira yang terbaik. Selamat Sekolah!
 
(Seminar "Persipan Masuk SD" oleh Bpk.Choirus Syafruddin SPsi)

0 komentar:

Posting Komentar